Senin, 22 Januari 2024

Siang dan Malam

Foto yang saya ambil ini memiliki dua tema yang berbeda yang pertama foto jalanan yang diambil ketika malam hari dan tema yang kedua adalah foto yang diambil ketika siang hari, jadi bisa disimpulkan foto saya memiliki tema siang dan malam.
 
Alasan kenapa saya mengambil dua tema tersebut sebagai foto saya adalah karena menurut saya siang itu menggambarkan suatu yang cerah seperti kebahagian, mimpi, dan harapan dari seseorang dan foto malam hari adalah kebalikannya. Hal ini sangat jelas saya ambil karena saya sesuai dengan kondisi dan perasaan setiap orang jadi tema ini akan sangat menarik jika saya jadikan sebuah karya sastra dan kehidupan sehari-hari.
 

Foto dengan tema siang hari yang saya ambil adalah foto jalanan Jakarta yang penuh dengan kendaraan dan lalu lintas yang sangat padat. Lalu kenapa di awal saya menghubungkan tema siang hari dengan kebahagiaan, mimpi, dan harapan padahal contoh foto yang saya ambil adalah foto yang sangat padat lalu lintasnya dan pasti semua orang tidak menyukai kondisi tersebut. Karena hidup kita itu sama saja dengan kondisi lalu lintas, untuk mencapai segala hal yang indah, untuk mencapai segala mimpi dan harapan kita pasti dibutuhkan suatu perjuangan yang sangat besar, makin besar suatu mimpi maka akan makin besar pula rintangan dan cobaannya. 
 

Tema yang kedua adalah malam hari sudah jelas maksud malam hari disini adalah kebalikan dari gambaran dunia siang yang saya jelaskan sebelumnya, malam hari cenderung dengan rasa sunyi dan sepi yang bisa juga menggambarkan rasa putus asa dan menyerah terhadap suatu hal.
 

Dapat disimpulkan bahwa tema siang hari yang saya ambil menggambarkan kebahagiaan dan malam hari menggambarkan kesedihan, namun bagaimana kalau kita melihat dari sudut pandang yang lain, bagaimana kalau siang hari kita konotasikan dengan hal negative sedangkan malam hari kita konotasikan dengan hal yang positive. Tentu saja hal ini dapat terjadi sudah jelas foto yang diambil siang hari sangat menggambarkan keriuhan dan penatnya kota Jakarta dan berbanding terbalik dengan foto di malam hari yang tenang. Kedua hal ini bisa saja kita ambil yang manapun yang kamu inginkan, tergantung sudut pandang seseorang dalam menilai suatu hal. Mungkin akan sangat baik jika kita dapat memandang suatu hal dari segi positivenya, namun apapun itu pasti akan selalu ada pertentangan antara dua sisi atau dua dunia yang berbeda. Semuanya adalah hak dan keputusan anda untuk menilai.


*16 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dekonstruksi dalam Penggalan Lirik Lagu BTS Pied Piper

Dekonstruksi dalam Penggalan Lirik Lagu BTS Pied Piper [Rap Monster] Berhenti menonton dan belajar untuk ujianmu Orangtuamu dan ...